September 19, 2017

What to Expect When You Are Expecting (A Puppy) #2

Lanjutan dari post pertama. Ini dia...
(btw, sori belum ada gambarnya... mudah-mudahan kapan-kapan bisa ngupdate HEHE)



Hal-hal kurang penting (tapi dipikir-pikir penting juga sih..)

+ Snack
Kadang kalau lagi rajin, gue buat snack sendiri dari apel, wortel, buncis, sosis, dan lain-lainnya. Tapi, kalau lagi males (dan lebih sering malesnya), gue suka beli snack pabrikan. Cuma jangan keseringan dikasih ya. Ini tuh kayak junk food buat anjing (gue pernah baca di mana gitu).
Gue beli:
- Pedigree Jerky Stick (Rp. 15.000,-) dan Dentastix (Rp. 15.000,-) di mana-mana. Banyak banget yang jual. Sayangnya.. Bos gak doyan, jadi lebih sering snack Pedigree berakhir di lambung anjing tetangga alias gue bagiin. He he.
- JerHigh rasa macem-macem (sekitar Rp. 25.000,-) di GM Pet Shop Palem.
- BIS Jerky rasa macem-macem (Rp. 35.000,-) di ACE Hardware.
- Snack macem-macem merk macem-macem tergantung stok di GM Pet Shop Palem langganan q (Rp. 20.000,- s/d Rp. 50.000,-).
- Dan apapun snack yang gue makan, suka dimakan dia juga. Tapi cek dulu ya, kandungannya ada yang nggak boleh dia makan nggak? Bos sih doyan banget sama ciki-cikian rasa keju.

+ Vitamin
Gue setiap hari ngasih Bos vitamin buat bulunya karena bulu dia super banyak, jadi dikasih biar jadi bagus keemasan gitu dan gak terlalu banyak yang rontok.
Gue beli:
- Virbac Nutri Plus Gel (Rp. 100.000,-) di Laras Satwa Palem. Udah jarang pake sih, karena bentuk tubenya gak asik, dari semacem timah gitu, suka pecah terus bocor. Jadinya sekarang pake..
- Maap, berhubung vitaminnya lagi habis di rumah dan gue lupa namanya, akan gue update setelah gue udah beli lagi. Pokoknya warna kuning, bentuknya tube plastik, khusus buat rambut. Harganya sekitar seratus ribuan juga. HE HE HE SORI!

+ Mainan
Percayalah, dengan memberikan anjing kalian mainan, kalian akan merasa sedikit lega. Soalnya, di usianya yang masih kecil, dia hobi banget main. Si Bos misalnya, kalau dia ngajak main dan gue lagi sibuk, gue tinggal kasih dia bonekanya. Beres deh. Meskipun akhirnya, dia suka ngajak main sambil gigit bonekanya dan ngedeket-deketin gue, minta main tug of war. Udah kurang ampuh sih. Tapi lumayan lah bisa latihan fetching juga. Banyak mainan yang gak gue beli secara khusus, misalnya boneka gue yang udah lama atau bola tenis.
Gue beli: (hanya mainan yang masih bertahan sampai sekarang ya)
- Boneka jagung panjang khusus anjing (Rp. 60.000,-) di ACE Hardware.
- Bola karet yang bisa mantul tinggi (Rp. 30.000,-) di GM Pet Shop Palem.
- Bola karet berbentuk yarn dengan lonceng di dalamnya (Rp. 55.000,-) di GM Pet Shop Palem.
- Beberapa squeaky toy merk KONG (per buahnya sekitar Rp. 185.000,-) di GM Pet Shop. Kind of pricey, tapi worth it! Super durable!

+ Shampo
Nah ini. Berhubung Bos suka mandi, maka shamponya pun boros. Gak deng. Guenya aja yang suka main air sama dia. Seru loooooh! Bos biasanya gue yang mandiin sendiri. Jauh lebih hemat daripada grooming ke salon. Cuma, setahun dua kali gue bawa dia ke salon karena ilmu gue kurang untuk bisa guntingin kuku, rapihin bulu, dan sebagainya.
Gue beli:
- VitalVeto Expert Shampo Anti-Chute (Rp. 90.000,-) di ACE Hardware.
- Kalo grooming, harganya macem-macem. Biasanya untuk anjing gede kayak Bos, paling murahnya Rp. 150.000,-, dan paling mahalnya Rp. 300.000,-. Kalo anjing kecil, tentu jauh lebih murah.


Nah. Kelar.

Kalo ada pertanyaan: "Mahal amat sih piara anjing?"
Well, gue mungkin punya sedikit mental illness yang bikin gue boros banget kalo ke pet shop. Ibaratnya, kalo masuk H&M, gue liat baju dua ratus ribu aja mikir-mikir banget kalo mau beli. Tapi, kalo masuk pet shop, mainan dengan harga yang sama bisa berakhir di kasir tanpa mikir. So, it depends. Ada banyak pilihan dog food, snack, mainan, dan kebutuhan anjing lainnya yang terjangkau, kok.

Dalam beberapa hal gue emang rada boros, dengan pertimbangan bahwa Bos adalah tipe anjing yang suka banget main, jadi kalau gue beli mainan yang murah, mainan itu cenderung berakhir rusak hanya dalam waktu kurang dari sehari. Ada harga ada kualitas kan? Jadi, sebetulnya dibilang boros juga nggak ya. Ibarat investasi aja. HE HE HE. Selain itu, Bos adalah anjing ras gede, artinya apa-apa yang dia butuh tentu aja lebih banyak daripada kebutuhan anjing ras kecil.

Intinya, you don’t have to be rich to afford a dog in your house—you only need to learn how to share. Pengemis aja ada yang hidup ditemenin anjing, jadi masa lo yang bisa akses blog gue pake smartphone atau laptop keren bilangnya nggak punya duit buat anjing lo?

Semoga bisa jadi pencerahan bagi yang membutuhkan, ya. Dapet salam dari Bos~

No comments:

Post a Comment